Tips Membuat Cat Mobil Tetap Mengkilap atau Wet Look.

Cat mobil adalah salah satu hal pada kendaraan yang harus kamu perhatikan secara ekstra, karena cara merawat yang salah akan membuat cat mobil rusak.

Hal yang bisa mempengarhui penampilan dan performa dari cat mobil kamu adalah polusi udara, garam, mencuci mobil dengan air panas, memoles mobil dengan bahan yang abrasive.

Tentunya ketika kamu ingin membuat mobil terlihat lebih mengkilap, maka kamu harus mencari tahu tipe serta jenis cat mobil yang digunakan pada mobil kamu.

Dengan mengetahui dua hal tersebut, kamu bisa membeli obat yang cocok dengan tipe  dan jenis cat bawaan mobil kamu.

Terdapat 3 tipe yang umum biasanya ada di cat mobil seperti Polyurehane yang beredar pertama kali tahun 2000 hingga saat ini masih sering digunakan.

Kelebihan dari jenis cat tersebut adalah daya tahan yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan jenis cat tahun 80 dan 90an.

Untuk mobil yang menggunakan bahan cat ini sangat disarankan untuk menggunakan bahan perawatan yang berasal dari organic dan tidak menggunakan silicon.

Jenis cat kedua adalah Nitro Celulose yang digunakan pada tahun 80an. Tipe yang satu ini akan memerlukan perhatian ekstra dari kamu.

Karena jenis cat ini tidak memiliki konsistensi warna yang bertahan lama, kamu harus menggunakan bahan silicon untuk mempertahankan warna mobil.

Selanjutnya ada Nitro Celulose Modified yang merupakan tingkatan dari NC dan ramai digunakan pada tahun 90an.

Bahan dasar yang digunakan memang terasa hampir sama dengan NC biasa. Namun, NC modified ni sudah mendappatkan upgrade yaitu menggunakan hardener yang membuat cat menjadi lebih kuat.

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis cat umum yang digunakan. Berikut ini adalah cara membuat mobil terlihat mengkilap.

1.Wax

Wax

Wax memang sudah dipercaya untuk membuat cat mobil terlihat lebih mengkilap. Namun, pada prakteknya kamu tetap harus hati-hati dalam memoleskan wax.

Ada baiknya sebelum melakukan wax, bacalah terlebih dahulu petunjuk yang disarankan. Tentunya hasilnya akan lebih maksimal ketika kamu membawanya langsung ke salon mobil.

2.Parkir di tempat teduh

Parkir di tempat teduh

Bukan rahasia lagi jika sinar matahari mampu membuat kilauan cat pada mobil kesayangan kamu berkurang.

Sinar matahari tidak hanya berbahaya bagi kulit manusia, radiasi dari sinar matahari akan merusak lapisan paling luar car mobil dan membuat mobil mudah terlihat kusam.

Apabila memungkinkan parkirlah mobil ditempat yang teduh dan tidak terkena pancaran sinar matahari langsung.

3.Sampo

Sampo

Ketika mencuci mobil pastikan kamu mencucinya dengan menggunakan sampo, karena sampo akan jauh lebih lembut ketika menggunakan detergen.

Cucilah mobil minimal 2minggu sekali agar tetap bersih juga, jangan biarkan kotoran terlalu lama menempel pada mobil.

4.Lap Mobil

Lap Mobil

Jika memang harus parkir dibawah terik matahari, kami bisa menyarankan untuk menggunakan penutup mobil.

Namun, ketika mobil baru saja dicuci ataupun terkena hujan, jangan langsung ditutup menggunakan penutup mobil.

Kamu bisa lap terlebih dahulu atau menunggu hingga kering, karena ketika ditutup saat masih basah. Hal tersebut akan membuat cat mobil pudar.

5.Cuci Mobil setelah hujan

Cuci Mobil setelah hujan

Hal terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah mencuci mobil ketika seusai hujan, air hujan juga memiliki kandungan zat kimia yang bisa mengurangi kilauan cet mobil.

Nah, kira-kira itulah beberapa tips membuat mobil tetap kinclong. Semoga bermanfaat.