Yaris GR Makin Gahar Dipasang Knalpot Aftermarket

Yaris GR merupakan salah satu produk dari Toyota yang didevelop langsung oleh GR yang merupakan divisi balap dari Toyota.

Tampilan mobil ini tergolong sangat gahar dan sangat berbeda dari Yaris yang bisa kita temui di jalan raya.

Sebuah video berdurasi delapan menit, terlihat satu unit Toyota GR Yaris disemat knalpot aftermarket Milltek.

Perbandingan menunjukkan Toyota GR Yaris standar dengan yang sudah dipasangi knalpot aftermarket memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari sisi performa.

Saat di uji jalan, Toyota Yaris yang disetel knalpot aftermarket menghasilkan suara raungan layaknya sebuah mobil balap. Dijelaskan pula, penggunaan knalpot Milltek berhasil mendongkrak tenaga dan torsi mobil.

Data pengujian menunjukkan Toyota GR Yaris versi standar mengeluarkan output 278 PS dan 367 Nm yang hampir dengan spesifikasi yang dirilis pabrikan.

Sedangkan versi knalpot aftermarket mampu menghasilkan 312 PS dan torsi 419 Nm. Dengan kata lain terjadi peningkatan sebesar 12 persen.

Sementara itu, di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Tanah Air telah membuka pemesanan Toyota GR Yaris.

Hanya tersedia terbatas, peminatnya cukup banyak, termasuk dari kalangan pembalap.

Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Toyota GR Yaris memiliki peminat yang beragam mulai dari para penggemar otomotif hingga pembalap.

“Dengar-dengar dari diler peminatnya macam-macam ya, beberapa dari car enthusiast. Tapi ada dari kalangan pembalap juga,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan resmi perusahaan, Toyota GR Yaris dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS, sistem penggerak 4 roda (full time 4WD) berkode GR-FOUR untuk mendukung sensasi berkendara di segala situasi dan dapat menyesuaikan dengan berbagai macam gaya berkendara pengemudinya.

Model ini adalah produk global yang diproduksi 25.000 unit dan memiliki spesifikasi layak berkompetisi di ajang World Rally Championship (WRC).

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa influencer serta pemain slot online yang sudah menginden mobil ini untuk mereka miliki, salah satunya adalah Fitra Eri dan juga Motomobi.

Sejak resmi dibuka booking pada Maret lalu, seperti penuturannya, pemesanan Toyota GR Yaris sudah mencapai 470 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Dan kesempatan untuk mendapatkan unitnya kini sudah ditutup.

“Jujur antusiasme terhadap GR Yaris sangat luar biasa. Pemesanannya lebih tinggi dari alokasi suplai yang kita dapatkan,” ujar Anton Jimmi Suwandy, dalam sesi virtual conference, Jumat (23/4/2021).

Berdsarkan keterangan resmi perusahaan, Toyota GR Yaris dibekali mesin berkapasitas 1.600cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS dan dilengkapi sistem penggerak 4 roda (full time 4WD) berkode GR-FOUR untuk mendukung sensasi berkendara di segala situasi, dan mampu melakukan penyesuaian atas berbagai macam gaya berkendara pengemudinya.

Toyota GR Yaris memiliki dimensi lebih panjang 55 mm (3.995 mm) dari Yaris model lima pintu. Begitu juga lebarnya sekira 60 mm (1.805 mm) dan lebih rendah 45 mm (1.455 mm) dari Yaris model biasa

Sebagai salah satu negara yang dikenal aktif dalam dunia balap, baik nasional maupun internasional, Indonesia mendapatkan alokasi Toyota GR Yaris 126 unit.

Sejauh ini harga Toyota GR Yaris belum diumumkan oleh PT TAM. Tetapi Anton Jimmi Suwandy memastikan harganya akan jauh lebih terjangkau ketimbang yang dijual di negara lain.

“Mudah-mudahan tidak banyak perubahan, antara Rp750 sampai Rp850 juta. Jadi target kami menjual di Indonesia harga yang lebih kompetitif. Harga di negara lain di atas Rp1 miliar,” terangnya.